Minggu, 18 April 2021

KONEKSI ANTAR MATERI: PENGAMBILAN KEPUTUSAN SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN

Pandangan Ki Hajar Dewantara dengan filosofi Pratap Triloka merupakan dasar dalam proses pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran yakni:

Gbr.1. Filosofi Pratap Triloka Ki Hajar Dewantara

1.       Ing ngarso sung tulodo.

Seorang pemimpin pembelajaran harus menjadi teladan yang baik, salah satunya melalui keputusan-keputusan yang diambil hendaknya mencerminkan keadilan dan menjadi contoh untuk taat atau komitmen pada keputusan yang diambil dalam penerapannya.

2.       Ing madyo mangun karso.

Seorang pemimpin pembelajaran harus memberikan motivasi. Artinya seorang pemimpin pembelajaran hendaknya dapat mengambil keputusan yang dapat membangun motivasi kepada yang dipimpinnya. Tentunya keputusan ini tidak diambil secara sembarang, namun dengan mempertimbangkan fakta-fakta yang ada untuk kemaslahatan bersama.

3.       Tut wuri handayani.

Tut wuri handayani bukan semata-mata ‘di belakang memberikan dukungan’ tetapi juga tentang bagaimana seorang pemimpin memberikan ruang dan kepercayaan kepada yang dipimpinnya melalui keputusan-keputusan yang dihasilkan.

Gbr.2. Proses Pengambilan Keputusan
bramardianto.com

Tentunya menghasilkan keputusan bukanlah hal yang mudah, karena banyak hal yang dapat mempengaruhi kita dalam mengambil sebuah keputusan. Salah satunya.adalah nilai- nilai yang telah tertanam di dalam diri kita. Misalnya khawatir salah atau kurang percaya diri dalam mengambil sebuah keputusan, hal ini tentunya sangat mempengaruhi dalam pengambilan keputusan sehingga terkesan lambat atau low respon. Namun tergesa-gesa dalam mengambil keputusan juga tidak baik, sehingga hendaknya seorang pemimpin tanggap terhadap fakta-fakta yang terkait untuk mendukung keputusannya dan memiliki prinsip dasar dalam mengambil keputusan agar nilai-nilai yang kurang mendukung dalam mengambil keputusan dan telah terlanjur tertanam dapat dikurangi pengaruhnya bahkan dapat berubah menjadi lebih positif untuk mengambil sebuah keputusan.

Keputusan yang diambil sebagai pemimpin pembelajaran dapat diperoleh melalui pengalaman-pengalaman yang telah ada sesuai dengan pelaksanaan coaching yang telah dibahas sebelumnya. Melalui coaching solusi yang dihasilkan berdasarkan pengalaman yabg dimiliki.  Keputusan yang kita ambil berdasarkan pengalaman sudah lebih teruji karena dampaknya telah kita rasakan, sehingga kita dapat lebih memperbaiki keputusan tersebut untuk diadaptasikan dengan permasalahan yang memerlukan keputusan yang tepat.

"Pengalaman adalah guru yang terbaik "

Pada permasalahan dengan moral atau etika memang relatif sulit untuk membuat suatu keputusan. Bahkan rasa keadilan bertentangan dengan rasa kasihan. Namun sebagai pemimpin pembelajaran obyektivitas harus diutamakan agar keputusan yang win-win solution dengan memperhatikan fakta-fakta yang ada dan kemampuan berkomunikasi yang baik. Keputusan yang tepat akan menciptakan lingkungan yang positif, kondusif, aman, dan nyaman.

Keputusan terkait dengan dilema etika pada pembelajaran hendaknya melalui proses pertimbangan yang sebaik-baiknya dengan prinsip untuk tetap mengutamakan menciptakan  proses pembelajaran yang memerdekakan murid dengan menuntun kodrat yang dimilikinya untuk mencapai kebahagiaan yang setinggi-tingginya.  Keputusan pemimpin pembelajaran  sangat mempengaruhi karena sebagai pedoman  pelaksanaan pembelajaran tersebut. Melalui keputusan yang dijadikan pedoman, maka pelaksanaan pembelajaran akan menjadi lebih terarah dalam pencapaian murid yang tentu saja dapat mempengaruhi masa depan murid sebagai penuntun kodratnya agar tumbuh dan berkembang dengan baik. 


Gbr.3. Hakikat pendidikan oleh pendidik bagi murid menurut Ki Hajar Dewantara


Gbr.4. Pengaruh Leadership (kepemimpinan) kompasiana.com

Jadi, keputusan yang diambil oleh seorang pemimpin pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan keberhasilan proses pembelajaran dalam menuntun kodrat murid sehingga dapat dikembangkan secara optimal. Oleh karena itu, seorang pemimpin pembelajaran bersifat objektif dalam membuat keputusan dan dapat mempertimbangkan efektivitas keputusan yang diambil dapat berdasarkan pengalaman-pengalaman yang telah diperoleh dan telah teruji baik secara legal maupun regulasi. Pemimpin pembelajaran dapat menjadi teladan, memotivasi, dan memberdayakan yang dipimpin salah satunya melalui keputusan yang diambilnya.

#cgp
#modul3.1
#pendidikangurupenggerak

5 komentar:

  1. Pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran dapat kita lakukan secara berani dan percaya diri dan siap menghadapi konsekuensi apapun yang akan terjadi

    BalasHapus
  2. Masukan yg sangat baik sekali bu

    BalasHapus